Blogger Panda

Senin, 17 Juli 2017

Konfigurasi NAT Pada Cisco Packet Tracker

Hallo taman pada kesempatan kali ini saya ingin sharing sedikit tentang bagaimana caranya konfigurasi NAT pada Packet Tracer. Sebelum ke tahap konfigurasi perlu kita ketahui apa itu NAT. 

NAT (Network Address Transslation) adalah seatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas, kebutuhan akan keamanan (security), dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan. Baca lebih lengkap disini.

Sebelum kita konfigurasi kita perlu membuat rancangan atau topologi yang akan kita buat. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


IP Router0 = 10.10.1.1/8
IP Router1 = 10.10.1.2/8
IP untuk client = 192.168.2.1/24

Pertama kita konfigurasi IP pada Router1 dengan cara klik icon router > config > FastEthernet sesuai keinginan anda. disini saya menggunakan FastEthernet0/0, kemudian masukan ip pada kolom yang tersedia seperti gambar di bawah ini.


Kemudian konfigurasi Cloud (icon awan) dengan cara klik icon cloud > config > DSL kemudian isikan from/to port kemudian add seperti gambar di bawah ini.


Setelah selesai kemudian kita konfigurasi IP pada Router1 caranya sama dengan Router0 di atas. klik icon router > config pada FastEthernet0/0 masukan IP 10.10.1.2 dan pada FastEthernet1/0 masukan IP 192.168.2.1 seperti gambar di bawah ini.



Untuk client kita setting DHCP dengan cara klik icon router > CLI masuka printah seperti ini.


Kemudian pastikan konfigurasi DHCP benar.
Setelah itu cek pada client dengan cara klik icon PC > Dekstop> IP Configuration pilih DHCP tunggu bebrapa saat setelah itu muncul IP pastikan IP-nya sudah benar jika belum maka ulangi konfigurasi.


Nahh... Sekarang kita konfigurasi NAT dengan cara masuk pada Router1 > CLI setelah itu masukan perintah seperti di bawah ini.


Setelah selesai kemudian kita test dari client dengan cara ping Router0 jika bisa maka konfigurasi berhasil.



Next

Prev

Posted By:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger Panda